Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Kesehatan Mata

 

Kesehatan Mata


Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Mata adalah jendela jiwa, jadi rawatlah dengan cinta dan perhatian untuk mencegah memburuknya kondisi mata, penyakit mata, dan potensi kebutaan. Sebagian besar dari kita sangat menyadari panca indera yang diberikan kepada kita melalui cara berinteraksi dengan lingkungan kita, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan sentuhan.

Tetapi berapa banyak dari Anda yang pernah benar-benar bertanya-tanya mana di antara ini yang dianggap paling berharga.Tentu, masing-masing indra ini sangat berharga dalam dirinya sendiri, Penglihatan mungkin yang paling penting di antara indra kita, karena menjaga kesehatan mata itu juga penting.

Tetapi apakah kita menyadari pentingnya memiliki kesehatan mata yang baik,Kebanyakan dari kita tidak mempedulikannya, selama mata kita bisa melihat. Mempertahankan penglihatan yang sehat lebih dari sekadar menjalani pemeriksaan penglihatan secara teratur .

Kesehatan Anda secara keseluruhan dapat memengaruhi kesehatan mata Anda. Mengambil langkah untuk menjaga kesehatan mata akan membantu Anda menjaga penglihatan dan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Banyak hal yang meningkatkan kesehatan mata juga meningkatkan kesehatan keseluruhan, termasuk makan dengan benar, berolahraga, mengonsumsi vitamin, minum cukup air dan cukup tidur. Seringkali, orang dengan masalah penglihatan menunggu terlalu lama sebelum menjalani pemeriksaan mata.

Kebanyakan dari kita, memiliki mata yang sehat berarti dapat melihat, dapat melihat tanpa harus memakai kacamata. Tapi, ada begitu banyak jenis bahaya yang berhubungan dengan mata seperti astigmatisme, konjungtivitis, katarak, mata kering, glaukoma dan lain-lain. Tidak diketahui banyak dari kita, beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada penglihatan kita.

Di era digital ini, mata kita harus menghadapi tingkat stres maksimum, karena kita selalu memusatkan perhatian kita pada semua jenis layar. Ini membuat mata kita jauh lebih rentan terhadap komplikasi. Jadi, kita perlu berhati-hati untuk melindungi mata kita dan dengan demikian menjalani hidup yang menyenangkan.

Anda khawatir penglihatan Anda akan menurun seiring berjalannya waktu, dan Anda mulai bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata yang baik. Di bawah ini, kami membahas beberapa cara untuk membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata.

Apa saja cara untuk menjaga kesehatan mata?

 

1.       Sering Kunjungi Dokter Mata Anda

Pertama dan terpenting, Anda harus mengunjungi dokter mata Anda setiap dua tahun dan menerima pemeriksaan mata. Selama janji ini, dokter mata Anda akan memeriksa mata Anda untuk melihat adanya kelainan, penyakit, dan komplikasi lainnya.

Jika dia menyadari adanya masalah, Anda akan bekerja sama untuk menangani kondisi tersebut. Jika Anda memakai lensa korektif, Anda harus lebih sering mengunjungi dokter mata untuk memastikan Anda masih bisa melihat dengan baik.

2.       Makan Makanan Yang Benar

Cara lain untuk memastikan kesehatan mata yang baik adalah dengan makan jenis makanan yang tepat. Makanan kaya nutrisi meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, para ahli melaporkan bahwa minum dua porsi minuman berkafein setiap hari melindungi dari mata kering. Jadi jika Anda menikmati secangkir teh atau kopi pagi hari, Anda dapat meningkatkan kesehatan mata Anda.

3.       Berhenti Merokok

Menurut penelitian terbaru, merokok berdampak negatif pada kesehatan mata Anda, serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Semua kondisi ini dapat menyebabkan Anda menjadi buta.

Untuk menjaga kesehatan mata yang lebih baik, berhentilah merokok. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk berhenti, carilah program bantuan di komunitas Anda. Anda juga dapat berbicara dengan dokter mata Anda dan meminta saran.

4.       Jangan Menatap Layar Elektronik

Jika Anda menggunakan ponsel, tablet, atau perangkat elektronik lainnya secara teratur, kemungkinan besar Anda menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk melihat layar. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk menatap layar, semakin besar risiko Anda mengalami ketegangan mata. Untuk mengurangi efek waktu layar, dokter mata merekomendasikan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, Anda harus melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik agar mata Anda istirahat.

5.       Kenakan Kacamata Hitam

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, kemungkinan besar Anda melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya. Anda juga harus melakukan perawatan yang sama untuk melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Paparan sinar UV dapat meningkatkan risiko terjadinya degenerasi makula dan katarak.

Apa ada tips lain untuk menjaga kesehatan mata?

 

6.       Minum Banyak Air.

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Ini membantu menjaga mata tetap terhidrasi. Larutan garam juga membantu menjaga mata tetap terhidrasi tetapi konsumsi air jauh lebih mudah dan cara bebas risiko untuk melakukan hal yang sama.

Air minum terionisasi alkali khusus lebih bermanfaat karena memiliki sifat anti-oksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan dan manfaat vitamin, yang membantu kesehatan mata.

7.       Menjaga kualitas udara di rumah dan kantor.

Kontak yang terlalu lama dengan udara kering dapat menyebabkan bahaya seperti mata kering, iritasi, dan gatal-gatal. Cara terbaik untuk mencegah hal ini tanpa mematikan pemanas adalah dengan menggunakan pelembab portabel untuk menjaga kelembapan udara, yang akan membantu mencegah iritasi mata akibat kekeringan. Selain itu, udara di dalam rumah dan tempat kerja juga harus bersih agar tidak ada kemungkinan iritan yang mengontaminasi mata kita.

 

8.       Berkedip Lebih Sering.

Berkedip secara teratur juga sangat penting untuk kesehatan mata. Seperti yang disarankan di poin sebelumnya, ini membantu dalam pencegahan mata kering. Selain itu, terus menerus menatap suatu objek tanpa berkedip juga dapat membuat mata stres dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan cacat penglihatan seperti miopia dan hipermetropia. Jadi kita perlu terus berkedip.

9.       Oleskan mentimun di kelopak mata Anda.

Mengoleskan irisan mentimun dingin dengan lembut ke kelopak mata selama sekitar 10 menit bermanfaat, terutama sebelum tidur di malam hari. Ini sangat membantu mencegah bengkak. Selain itu, ini juga membantu menjaga mata tetap rileks dan tenang. Ide di balik penggunaan mentimun adalah karena mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic, yang mencegah retensi air dan peradangan. Jadi bijaksana untuk menggunakannya setiap kali kita merasa mata kita tertekan.

10.   Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan Juga.

Kesehatan tubuh secara keseluruhan juga merupakan aspek penting untuk kesehatan mata kita. Beberapa jenis penyakit tubuh secara langsung dan tidak langsung menyebabkan gangguan penglihatan dan masalah pada mata. Misalnya, jika kita menjaga berat badan yang sehat, kemungkinan terkena diabetes, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi semuanya berkurang secara signifikan. Semua kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, dan khususnya diabetes. Statistik menunjukkan bahwa diabetes adalah penyebab nomor satu kehilangan penglihatan pada populasi usia kerja di Amerika Serikat. Selain itu, dengan mengontrol diabetes kita juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya retinopati.

Kesehatan mata Anda sama pentingnya dengan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jangan anggap remeh matamu. Gunakan cara menjaga kesehatan mata yang dibahas di atas untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak tip, bicarakan dengan dokter mata Anda.

Post a Comment for "Cara Menjaga Kesehatan Mata"